merancang user interface menggunakan library

  MENGENAL LIBRARY UI

Interface merupakan salah satu cotoh konsep OOP yang berisi kumpulan method sebagai tampilan aplikasi. GUI (Graphical User Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software. GUI pada java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar-interface. Java GUI adalah program pengembang suatu user interface dengan mengutamakan graphic sebagai penghubung user dengan sistem, sehingga mudah dalam implementasi aplikasi sistem tersebut.

MENGENAL KOMPONEN GUI

Konsep dasar java GUI adalah API (Application Programming Interface) terdiri dari dua komponen, yaitu AWT(abstract windows toolkit) dan swing atau JFC (java foundation class).AWT terdiri dari banyak widget grafik yang dapat ditambahkan dan diatur dalam tampilan. Semua komponen GUI non menu memiliki kelas yang diturunkan dari kelas java.awt.Component. Sedangkan komponen menu diturunkan dari java.awt.ComponentMenu.

Kelas pada Container

JFC

Kelas container pada AWT

Component merupakan kelas abstrak untuk objek yang dapat ditampilkan pada console dan berinteraksi dengan user.

Container merupakan kelas abstract subclass dari komponen class, yang dapat menampung komponen lainnya.

Panel merupaan kelas turunan dari container class, merupakan sebuah frame atau windows tanpa titlebar, menu bar, dan tidak termasuk border.

Windows merupakan turunan dari container class, terdapat top level windows dimana berarti tidak dapat dimasukkan dalam objek yang lainnya.

Frame adalah kelas turunan dari windows. Windows dengan judul, border, menu bar, dan pengaturan ukuran dipojok, dan memiliki empat konstruktor.

AB VII MERANCANG USER INTERFACE DENGAN LIBRARY



Reader view

Mengenal JFC

JFC merupakan sekumpulan class-class Java yang digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak berbasis GUI. Swing merupakan salah satu cara yang digunakan programmer untuk mengimplementasikan program window pada java. Swing menggunakan menggunakan metode "Painted" yaitu setiap User Interface Element digambar ke dalam window atau frame kosong.

Komponen Swing

Komponen Swing

Top-Level Container, berfungsi untuk menyediakan ruang bagi komponen-komponen lainnya.

Intermediate Container, komponen (non-top-level) yang keberadaannya untuk menampung komponen lainnya.

Komponen Atomik (tunggal), berfungsi untuk menampilkan atau menerima informasi.

Komentar